WELCOME

Rabu, 29 Agustus 2012

MULUT BERSIH TUBUH SEHAT



Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa kesehatan mulut selalu menjadi  nomor yang kesekian, tapi tak banyak orang tahu jika mulut adalah organ yang berperan penting bagi kesehatan tubuh.
            Kesehatan mulut tidak sekedar untuk mendapatkan gigi yang putih,bersih, dan kuat,tetapi menjaga kesehatan mulut berarti juga ikut menjaga seluruh kesehatan badan, karena mulut adalah pintu msuk segala macam benda asing ke dalam tubuh.
            Banyak orang yang tidak tahu, banyak penyakit berawal dari mulut,pada umumnya orang hanya tau, penyakit mulut hanyalah pada gigi padahal dari gigilah bersarangnya banyak penyakit
Mekanisme Penyebaran
Penyebaran penyakit dari gigi ke organ tubuh lain disebabkan oleh infeksi kronis di suatu tempat yang memicu penyakit di tempat lain. Dan bakteri,sisa-sisa dari kotoran maupun mikroba penginfeksi bisa menyebar ke tempat lain di tubuh. Sebetulnya, bakteri dari dalam mulut tidak akan bisa masuk ke dalam sistem aliran darah, asal kita bisa menjaga kesehatan gigi. Jika kita memiliki sistem imun yang kuat, kehadiran bakteri dalam mulut tidak akan mendatangkan masalah. Tetapi bagi orang-orang yang sistem imunnya lemah, bakteri dalam mulut bisa menyebabkab menyebarnya penyakit ke anggota tubuh yang lain, seperti endocarditis (bakteri dari mulut memasuki aliran darah).
Stress Pengaruhi Kesehatan Gigi Dan Mulut
Selama ini mungkin banyak yang tidak tahu, bahwa stress berakibat buruk bagi kesehatan gigi. Tahukah anda? Orang stress memiliki resiko penyakit periodontal yang lebih tinggi. Bagaiman bisa?
Pada kondisi stress, kadar hormon kortisol akan meningkat secara otomatis dan mengakibatkan terganggunya sistem imun. Kondisi ini menguntungkan  bakteri untuk dengan leluasa menyerang gusi kita. Ketika anda bekerja lembur dikantor biasanya anda mengalami stres. Ditambah semakin malam anda terjaga, semakin banyak frekwensi anda mengudap makanan. Jadi bagaimana agar terhindar dari serangan bakteri ketika stres datang?
Sediakan sikat dan juga pasta gigi di kantor agar setiap lembur tidak akan beresiko bagi gigi dan mulut. Lakukanlah olahraga rutin dan tidur dengan kualitas yang cukup. Dua hal tersebut sangat efektif membebaskan kita dari stres yang menghampiri.

Tips cara menjaga kesehatan gigi :
Rutin Gosok gigi. Jangan malas gosok gigi, secara rutin gosoklah gigi minimal tiga kali sehari, sesudah makan pagi, siang dan malam.
Sikat gigi dengan gerakan benar, Gosoklah semua permukaan gigi dengan arah benar, gerakan sikat vertikal dari atas ke bawah.
Jangan terburu-buru, Waktu menyikat harus cukup, tidak terburu-buru minimal satu menit. Sikatlah gigi secara perlahan dan jangan keras-keras karena bisa mencederai gusi.
Berkumur dengan air bersih. Sehabis ngemil sebaiknya gosok gigi, tetapi jika tidak sempat berkumurlah dengan air bersih segera setelah selesai mengonsumsi makanan.
Gunakan dental floss. Untuk mengangkat sisa makanan yang tidak terjangkau di sela-sela gigi.
Jangan mencongkel karang gigi sendiri, Dengan menggunakan tusuk gigi atau benda tajam lain. Hal ini bisa mengakibatkan gusi berdarah atau infeksi.
Periksa kesehatan gigi. Periksakan gigi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali atau paling tidak setahun sekali.


Tidak ada komentar: