WELCOME

Jumat, 06 Juli 2012

Tanaman Obat Keluarga dan Khasiatnya

Banyak bahan-bahan disekitar kita yang bisa dijadikan obat keluarga, untuk menurunkan berat badan, menggemukkan badan dan berbagai manfaat lain sebagai obat natural/ herbal. Berikut adalah tanaman obat tradisional dari bahan yang ada disekitar kita seperti kencur dan kunyit dan masih banyak lagi yang bisa dijadikan obat tradisional menyembuhkan berbagai penyakit.
A.   Kencur – kaempferia galanga
Kencur (Kaempferia galanga, Linn) atau nama lokalnya dimasing-masing daerah sbb: Cikur (Sunda), Ceuko (Aceh), Kencor (Madura), Cekuh (Bali), Kencur/Sukung (Minahasa), Asauli/Sauleh/Soul/Umpa/Cangkor (Ambon), Cekir (Sumba).
Banyak orang suka menanam tanaman ini di halaman rumah maupun pot sebagai tanaman hias karena bunga dan daunnya juga cantik sebagai tanaman hias. Kencur mudah ditanam, sebaiknya anda menyempatkan waktu menanam kencur di halaman atau kalau tidak ada halaman, kencur dapat ditanam di pot.




Kencur tidak memerlukan perawatan ekstra. Cukup menanam rimpang/ rhizomenya saja kedalam tanah ditempat terbuka, jangan terlalu basah . tanah dengan air yang tergenang tidak disukai kencur. Kencur akan subur dan bagus tumbuhnya dimusim hujan. Selain untuk bumbu masakan seperti urap, karedok, dan banyak lagi, kencur juga dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit-penyakit berikut ini :
1.      Influenza dan batuk pada bayi
1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan 2 lembar daun kemukus 9lada berekor/Cubeb) tumbuk halus, tambahkan beberapa sendok air hangat. Oleskan seputar hidung bayi.
Untuk batuk: kencur dibersihkan kulitnya,diparut dan diperas, ambil sarinya, tambahkan 1 sendok air hngat minumkankan pada bayi ( untuk bayi yang sudah makan MPASI ).
2.      Radang  Anak Telinga
2 rimpang kencur sebesar ibu jari dan ½ biji buah pala ditumbuk halus, diberi 2 sendok air hangat dan dibalurkan diseputar hidung.
3.      Batuk
1 rimpang kencur sebesar ibu jari diparut, kemudian tambahkan 1 cangkir air hangat,diperas dan disaring, tambahkan garam secukupnya. Diminum hangat 1-3x sehari.
Bisa juga dengan mengunyah kencur segar (ini buat yang tahan pedas dan bau kencur), kunyah aja kencur dan diisap sarinya, ampasnya dibuang.
4.      Radang Lambung dan Masuk Angin
Untuk radang lambung: 2 rimpang kencur sebesar ibu jari, dibersihkan dan dikunyah seperti untuk obat batuk, ampasnya dibuang kemudian minum segelas air. Lakukan rutin setiap hari sampai sembuh.
Untuk masuk angin: kencur dimakan dengan garam, bagaikan lalapan, kemudian minum segelas air putih. Lakukan pagi dan malam.
5.      Menurunkan Berat Badan dan Melangsingkan Tubuh
2 rimpang kencur dibersihkan, diparut dam ambil sarinya tambahkan madu. Minum secara teratur pagi dan malam.
6.      Sakit Kepala
2-3 lembar daun kencur ditumbuk samapi halus, dioleskan sebagai kompres/ pilis pada/dahi
7.      Diare
2 rimpang kencur sebesar ibu jari,diparut, tambahkan 1 cangkir air hangat
dan garam secukupnya, diperas dan disaring. Oleskan pada perut sebagai bedak pilis/ kompres.
8.      Menghilangkan Lelah
1 rimpang besar kencur, 2 sendok beras digoreng tanpa minyak (sangan) dan 1 biji cabai merah. Semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring
Minum sekaligus dan diulangi sampai sembuh. Untuk pria bisa ditambah dengan 1 potong lengkuas lada secukupnya.
9.      Menghilangkan Darah Kotor
4 rimpang kencur sebesar ibu jari, 2 lembar daun trengguli, 2 biji cengkeh kering, adas pulowaras secukupnya. Semua bahn tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring. Minum 2x sehari secara teratur.
10.  Memperlancar Haid
2 rimpang kencur sebesar ibu jari, 1 lembar daun trengguli 1 biji buah cebgkeh tua, adas pulowaras secukupnya.
Caranya : kencur dicincang, kemudian dicampur dengn bahan lain dan direbus bersama 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, kemudian disaring. Minumlah ssekali sehari 2 cangkir sekaligus.
11.  Mata Pegal
1 potong rimpang kencur dibelah menjadi 2 bagian. Permukaan yang  masih basah dipakai untuk menggosok  pelupuk mata.
12.  Keseleo
1 rimpang kencur dan beras yang telah direndam air. Kedua bahan tersebut dipipih denagn air secukupnya. Oleskan/pada bagian yang keseleo sebagai parem/bedak.

B.   Kunyit
Rimpang dan daun kunyit selain sebagai bumbu di banyak masakan Indonesia, punya banyak khasiat sebagai obat natural/ herbal. Silakan simak bagaimana membuat jamu dan jus atau obat-obatan berbahan kunyit untuk obat diabetes, memperlancar ASI, memperlancar haid, obat keputihan, amandel, usus buntu, morbili dll.
Kunyit (Curcuma longa, Linn atau Curcuma Domestica atau sinonim lainnya Curcuma Rotunda) dengan nama lokal sebagai berikut:
·         Inggris / America: Turmeric / Indian saffron
·         Perancis           : Curcuma, Safran des Indes, Terre Merte, Souchet des Indes.
·         Jerman             : Curcuma, Kurkuma, Indischer Safran, Gelbwurz.
·         Belanda           : Kurkuma
·         India                : Haldi (Hindi), Manjal (tamil), Haldi, Zard Chub (Urdu).
·         Thailand          : Kha min chan, Khamin heluong, Kha min, Wanchakmadluk
·         Indonesia        : Kunyit (Indonesia), Kunir (Jawa), Koneng (Sunda), Konyet (Madura) , Kuning (Maluku)
·         Nama Farmasi : Rhizoma Curcumae


           Manfaat kunyit antara lain:
1.      Meperlancar ASI
1 rimpang kunyit ditumbuk sampai halus dan dibalurkan diseputar payudara sekali setiap 2 hari terutama pada masa awal menyusui.
2.      Haid tidak lancar
2 rimpang kunyit, ½ sendok teh ketumbar, ½ sendok teh biji pala, ½ genggam daun srigading,. Semua bahan ditumbuk halus,dan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, saring dinginkan. Minum 1 gelas sehari
3.      Sakit Keputihan / Pek Tay
2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 gagang buah asam, 1 potong buah aren. Semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Minum 1 gelas sehari
4.      Perut Mulas Saat Haid
1 rimpang kunyit sebesar 4cm, 1 rimpang jahe sebesar 4 cm , 2 rimpang kencur sebesar 4cm. Semua bahan dicuci bersih dan diparut,ambil airnya. Tambahkan perasan jeruk nipis, diseduh dengan setengah gelas air panas kemudian saring. Tambahkan garam dan gula sesuai selera. Minum pada hari pertama haid.
5.      Diabetes melitus
3 rimpang kunyit, ½ sendok garam direbus dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian saring dan dinginkan.
Minum rebusan ini @ ½ gelas 2x seminggu
6.      Typus
2 rimpang kunyit ditambah 1 bonggol sere dan 1 lembar daun sambiloto. Ditumbuk halus, tambahkan 1 gelas air hangat, aduk rata kemudian saring. Minuman ini diminum sekali sehari selama 1 minggu.
7.      Berak Lendir
1 rimpang kunyit, 1 potong gambir, ¼ sendok makan kapur sirih direbus bersama 2 gelas air sampai mendidih dan tinggal 1 gelas. Saring. Minum pagi dan sore masing-masing setengah gelas.
8.      Usus Buntu
1 rimpang kunyit, 1 butir buah jeruk nipis, 1 potong gula kelapa/aren. Garam secukupnya. Kunyit diparut dan jeruk nipis diperas, kemudian dicampur dengan bahan yang lain dan disedu dengan 1 gelas air panas kemudian disaring. Minum setiap pagi setelah makan.
9.      Disentri
1-2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya. Semua bahn direbus dengan 2 gelas air sampai tinggal 1 gelas kemudian disaring. Diminum sampai sembuh.
10.  Cangkrang (Waterproken)
2 rimpang kunyit, 1 genggam daun eceng, ditumbuk sampai halus, kemudian oleskan dibagian yang sakit.
11.  Amandel
1 rimpang kunyit, 1 butir buah jeruk nipis, 2 sendok madu. Kunyit diparut, jeruk diperas untuk diambilairnya, kemudian dicampur dengan madu dan ½  gelas air hangat, diaduk sampai merata dan disaring. Minum secara rutin 2 hari sekali.
12.  Morbili
1 rimpang kunyit dan 1 rimpang dringo bengle ditumbuk sampai halus dan oleskan kebagian yang sakit.


Tidak ada komentar: