WELCOME

Rabu, 15 Agustus 2012

PEMANFAATAN PEKARANGAN DAN LAHAN KOSONG


       Pekarangan adalah lingkungan kita sehari-hari, jika ditata dengan baik, bakal menjadi taman yang akan memberikan lingkungan kita asri, menarik, nyaman, sehat serta menyenangkan, dimana akan membuat kita lebih betah berlama-lama di rumah. Dengan menanam tanaman yang berproduktif, tanaman pekarangan juga dapat memberikan kesehatan yang memenuhi kepuasan jasmaniah dan rohaniah.
               Pemanfaatan pekarangan dengan tanaman produktif seperti tanaman holtikultura ( tanaman buah-buahan, sayur-sayuran, dan tanaman hias ), obat-obatan, rempah-rempah dan lainnya juga akan memberikan keuntungan yang bersifat ganda, baik dari segi keamanan pangan ( aman dari zat pencemar ), menopang ekonomi keluarga maupun keuntungan dari segi estetika ( keindahan lingkungan ).
                Hal inilah yang dilakukan oleh ibu Yatini Suyatno dirumahnya. Karena kesadarannya akan pentingnya intensifikasi pekarangan, maka ibu Yatini berusaha memanfaatkan tanah pekarangan dan juga lahan kosong yang dimilikinya untuk kegiatan budidaya pertanian.
                Di lahan kosong yang beliau miliki, Ibu Jatini bisa meanam berbagai tanaman sayur, tanaman hias, dan tanaman buah-buahan. Dengan pengaturan efektif dapat kita lihat tanaman buah antara lain pisang dan belimbing. Sedangkan tanaman sayur
 Yang adalah tomat, cabai, kemangi dll. Benar-benar diharapkan bisa bermanfaat setiap jengkal pekarangan yang ada.








Tidak ada komentar: